Posted by : Unknown Sabtu, 16 Maret 2013


Jika Anda pernah mengunjungi kota besar di Jepang atau setidaknya pernah melihat film-film Jepang, mungkin Anda pernah melihat ada orang-orang yang memberikan tisu gratis di jalan-jalan. Tisu tersebut biasanya dikemas dalam ukuran kecil sehingga bisa dimasukan ke dalam saku. Sekitar 4 miliar paket tisu saku ini didistribusikan di jalanan setiap tahunnya di Jepang dan menghasilkan penjualan di kisaran 75.000.000.000 yen per tahun. Tisu-tisu ini umumnya dibagikan di luar stasiun kereta bawah tanah.

Tisu saku ini dibagikan untuk mempromosikan produk perusahaan-perusahaan tertentu bahkan dalam sebuah survei di internet, 76% orang mengatakan bahwa mereka menerima "tisu iklan berjalan" tersebut. Hasil ini jauh lebih baik bila dibandingkan dengan brosur atau selebaran.

Berikut adalah fakta-fakta mengenai strategi pemasaran yang unik di Jepang ini :
 
1.Kemunculan pertama dari tisu saku ini adalah pada tahun 1969. Bentuk iklannya hampir secara eksklusif terlihat di Jepang.
2.Mayoritas iklan pada tisu saku adalah untuk pinjaman dan kredit konsumen.
3.Tidak seperti brosur iklan yang langsung dibuang, tisu saku ini biasanya disimpan sampai semua tisu habis digunakan. Karena konsumen tetap menyimpan tisu saku tersebut untuk waktu yang lama, penelitian telah menunjukkan bahwa hal ini memiliki dampak psikologis mendalam pada otak seperti mempengaruhi pembeli untuk memilih merek yang diketahui atau perusahaan yang diiklankan di paket tisu tersebut.
4.Beberapa perusahaan memilih untuk melampirkan kupon minum gratis atau diskon.
5.Bagi perusahaan yang menggunakan tisu saku seperti ini, menggunakan tisu berkualitas tinggi dikatakan dapat menciptakan citra perusahaan yang lebih baik.



Mengapa perusahaan menggunakan jenis iklan seperti ini ?
 
1.Murah
Tisu saku seperti ini relatif murah. Perusahaan hanya perlu membayar biaya yang berkaitan dengan pembelian tisu dan membayar satu orang untuk berdiri di daerah yang sibuk dan memberikan tisu tersebut.

2.Efisien
Cara ini adalah cara yang efisien untuk beriklan ke target pasar.

3.Efektif
Data terbaru menunjukkan bahwa iklan pada tisu saku ini 100 kali lebih efektif daripada iklan di koran.

Namun tampaknya terjadi penurunan pada cara pemasaran iklan jenis ini. Beberapa alasannya dikarenakan :

1.Penurunan anggaran iklan
Karena resesi ekonomi, perusahaan dan usaha kecil memiliki lebih sedikit uang untuk promosi penjualan.

2.Tisu memiliki kesempatan yang lebih sedikit
Banyak perusahaan yang menciptakan produk untuk mengganti penggunaan dari tisu, seperti kain untuk menghapus makeup atau kain lembut untuk kacamata. Hal ini mengurangi penggunaan dari tisu dan telah mendorong perusahaan untuk memikirkan lebih banyak produk lain yang berguna untuk ditempatkan iklan.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Dunia Anime For Fun - Skyblue - Powered by mp3 lanka - Designed by Johanes Djogan -